Kuliah

Kuliah

Sampai sekarang sudah semester 6 baru aja kepikiran pingin nulis tentang kuliah ku...hahaha, ini gak sempat karena sibuk atau sok sibuk atau (isi sendri aja lah), peacee.. Aku kuliah di jurusan farmasi, mungkin pertama kali yang terbesit dipikiran kalian ketika mendengar farmasi pasti obat, samaa..aku juga begitu ketika awal..Entah angin apa yang membawaku sampai ke jurusan ini.Begitu mudahnya jalanku waktu itu, masuk tanpa jalur tes.Tapi tidak pernah terpikir dan terbayangkan sebelumnya tentang jurusan ini.

Aku yang dulu gak suka dengan obat serta baunya malah bisa nyasar kesini, aneh gak siih menurut kalian??? Atau biasa aja?? Hee Kalian mau tau gak jurusan apa yang sebenarnya aku inginkan dari dulu?? Tolong jawab iya ya (muka memelas),hehe..aku dulu pingin jadi ahli gizi, kuliah di jurusan gizi, eeeh apa boleh buat takdir berkata lain walaupun sebenarnya kesempatan kuliah disana sudah di depan mata tapiii yasudahlah mungkin belum rezeki.

Sebelum memantapkan hati kuliah difarmasi aku juga sempat daftar sekolah kedinasan yaitu STIS, aku mulai jatuh cinta dengan sekolah yang satu ini di penghujung masa SMA ku, tapii sayangnya aku gak keterima, mungkiin aku memang sudah ditakdirkan kuliah di farmasi kalii yaa.. Gak banyak yang ku tahu dari kata farmasi itu sebenarnya apa sih, ku mencoba searching google namun hasilnya malah semakin buat ku takut dan khawatir apa aku sanggup ada dijutusan farmasi karena yang kutemui cuman farmasi itu susaah, sibuuk dan blablabla.Namun, kenyataan tetap memaksaku untuk tetap melangkahkan kaki agar menjadi keluarga besar farmasi.

Tak banyak yang bisa ku lakukan, aku hanya bisa berpasrah dan berharap semoga aku bisa menjalaninya. Awal perkuliahan aku memang drop banget, aku kurang terbiasa dengan semuanya.Praktikum, laporan, praktikum, laporan, huhuhu.Apa makananmu? Makananku mah laporan.Apa kebiasaanmu? kebiasaan ku mah Begadang.Tidur selalu gak nyenyak serasa kaya dihantui aja, hee. Tugas itu selalu beranak pinak kayanya deh, jika ada yang mau ngitung mungkin sampai sekarang berpa sudah keturunan yang kupunya, ooops salah fokus, haha tapii sengaja, gajee bingiits sih, alay lagi.Syuudah, syudah. Kadang iri sih dengan jurusan lain yang santai.Pingiin nangiis rasanya tapi siapa juga yang bisa keluarin dari masalahmu inii rahmii, huhuhu.

Mata kuliah yang susaah, haruus ngapalin obat obat beserta mekanismenya, patofisiologi penyakitlah, statistika, biologi sel molekuler, anatomi fisiologi manusia lah. Ingat mata kuliah anatomi fisiologi jadi ingat mayat yang sudah di awetkan, hihihi, mata merah dikira nangis padahal efek perih formalin. Truus, praktikum farmasetika, ilmu resep. Ingat ilmu resep ingat pas praktikum ngeracik obat, karena basic ku memang bukan SMF aku mah kaya orang b*go aja, gak tahu apa apa, untung ada teman yang bisa jadi aku ngikutin dia ajaa hehe. Luucu lah pokoknya. Beda lagi dengan praktikum farmakologi, farmakokinetik..disini mah kita harus berurusan dengan hewan seperti mencit atau kelinci. Pingin megang tapii takuut, pingin bisa tapi kasiian sama hewan coba nya. Farmakologi, farmakokinetik merupakan mata kuliah yang sulit siih menurutku. Di farmakokinetik ada hitungan hitungan gituu lagi yang bakal bikin puyeng aja rasanya. 

Ada lagii nih matakuliah yang tidak kalah susahnya yaitu kimia analisis. Suliit aja pokoknya ni matkul. Kita disuruh titrasi menggunakan buret lah, analisis pakai UV-Vis, FTIR, ngitung kadar, baca absorbansi, dll. Tentang matkul bahan alam juga ada lo. Kita harus tahu kandungan senyawa tumbuhanlah, harus bisa bikin simplisia lah, ekstrak, isolasi, menghitung susut pengeringan, dll. Bahan juga susah sih menurutku, entah kenapa aku gak terlalu memahaminya. Atau bisa jadii karena kamunya aja yang malas rahmii, hihihi. Bisa jadilah. Selain itu, disini aku juga belajar tentang b.inggris, b.indonesia, pancasila, agama, dll. Beragam kan mata kulihnya. Aku hanya berusaha bertahan dan bertahan disini. Namun, sebenarnya jika kita jalani semua dengan ikhlas mah mungkin semuanya tidak akan seberat yang kita pikirkan. 

Farmasi mengajarkanku artinya kerja keras, walau banyak rintangan kita harus dituntut untuk menyelesaikannya. Namun, dari semua yang terjadi dalam kisah hidupku semoga ini jadi pelajaran baik bagi diriku maupun kalian yang membaca ya guyss..Intinya Allah sudah memberikan kemudahan jalan bagi kita semua yang menurutnya terbaik bagi kita walaupun kita bersikeras untuk menghindarinya.Ikhlaskan saja semuanya walau tidak sesuai dengan harapanmu, karena kita harus percaya bahwa tuhan akan memberikan pelangi yang akan indah pada waktunya.Syukurii semuanya karena banyak orang yang menginginkan tempat seperti mu, so jangan sia siakan semuanya.Jalanii dengan cinta.Mulailah menata diri dan selalu berpikiran positif dengan takdir Allah. Oiyaa doain yaa semoga aku bisa cepat lulus dan bisa jadi orang yang berguna dan sukses, semoga kalian dimanapun berada yang baca blog ku ini ku doain juga supaya bisa menggapai apa yang diinginkan yaa dan cepat sukses

Komentar

  1. semangat kak, aku juga sedang kuliah jurusan farmasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Praktikum DETEKSI MIKROBIOTA NORMAL

Sediaan eliksir

IDENTIFIKASI MAKROSKOPIK DAN MIKROSKOPIK